Saturday, December 15

UPPKS Maju Bersama Wakili Tanbu di Lomba UPPKS Se-Kalsel

BATULICIN – Usaha Peningkatan Pendapatan Kesejahteraan Keluarga (UPPKS) Maju Bersama, Desa Manurung, Kecamatan Kusan Hilir, terpilih untuk mewakili Kabupaten Tanah Bumbu (Kab Tanbu) pada Lomba UPPKS Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Prov Kalsel).

Menurut Kepala Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBP3A) Tanbu, Narni, melalui Kasi Pemberdayaan Ketahanan Keluarga, Ida Romundang Lubis, terpilihnya Bersama karena telah berhasil menjadi yang terbaik pada Lomba UPPKS Tingkat Kabupaten Tanah Bumbu yang dilaksanakan pada tanggal 27 Februari sampai 10 Maret 2018 yang lalu.

“Setelah berhasil menjadi Juara ditingkat Kabupaten, maka selanjutnya UPPKS Maju Bersama kita ikutkan kembali ke Lomba Tingkat Provinsi Kalsel,” sebutnya, Kamis (5/4/2018) di Gunung Tinggi, Batulicin.

Adapun UPPKS merupakan kelompok usaha ekonomi produktif yang beranggotakan sekumpulan anggota keluarga yang saling berinteraksi dan terdiri dari berbagai tahapan keluarga sejahtera, baik pasangan usia subur ber-KB maupun yang belum ber-KB.

“Anggota UPPKS adalah pasangan usia subur (PUS), Peserta Keluarga Berencana (KB), Remaja, dan Lansia terutama adalah keluarga Pra Sejahtera,” jelasnya.

Tujuan dibentuknya UPPKS untuk mengajak keluarga agar aktif bergerak dalam ekonomi produktif, mensosialisasikan pengelolaan keuangan keluarga, meningkatkan ketahanan dan kemandirian keluarga, serta mewujudkan keluarga kecil, bahagia, dan sejahtera.

Keberadaan UPPKS ini tentunya sangat dirasakan manfaatnya kaum perempuan di Bumi Bersujud. Salah satunya yaitu kelompok UPPKS Desa Maju Bersama dengan produk usahanya kain tenun khas pagatan. Dengan adanya UPPKS Maju Bersama ini, selain menumbuhkan usaha ekonomi produktif juga berdampak bagi peningkatan kesejahteraan anggota kelompok UPPKS Maju Bersama.

Kain Tenun Khas Pagatan diproduksi langsung oleh para anggota UPPKS Maju Bersama, yang mana diantara 10 anggota kelompok UPPKS terdapat 9 orang lansia yang produktif.

Kain Tenun Khas Pagatan merupakan salah satu warisan budaya yang kini masih tetap dipertahankan kelestariannya oleh masyarakat Tanah Bumbu. Kain tenun ini sering dipakai oleh para pejabat lokal maupun nasional. Sebagai contoh, Kain Khas Pagatan pernah dipakai oleh Presiden Joko Widodo pada saat Upacara Peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI Ke 72 di Istana Negara. Selain itu, kain tenun khas pagatan juga dipakai oleh Presiden pada saat menghadiri puncak Pesta Budaya Maritim Mappanretasi di Pagatan, Tanah Bumbu, tahun 2017 yang lalu.

Terkait lomba tingkat Provinsi Kalimantan Selatan, Ia berharap UPPKS Maju Bersama dapat memberikan hasil yang terbaik bagi daerah.

Adapun Lomba UPPKS Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan dilaksanakan oleh Kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan. Sedangkan yang menjadi penilaian lomba UPPKS diantaranya pencatatan pelporan, administrasi produksi, dan pemasaran. (Rel/MC.Tanbu)

http://mc.tanahbumbukab.go.id/uppks-maju-bersama-wakili-tanbu-di-lomba-uppks-se-kalsel/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *